10 Mitos Dan Fakta Diabetes

ARTIKEL KESEHATAN : “wah kalau punya diabetes ya makannya nasi kemarin aja, itu bagus lho.” didalam masyarakat kita masih banyak informasi tentang diabetes mellitus yang belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. informasi seperti ini dapat kita katakan sebagai mitos. namun apakah mitos tersebut dapat dipercaya?

“Wah kalau punya diabetes ya makannya nasi kemarin aja, itu bagus lho.
Didalam masyarakat kita masih banyak informasi tentang Diabetes Mellitus yang belum bisa dibuktikan kebenarannya secara ilmiah. Informasi seperti ini dapat kita katakan sebagai mitos. Namun apakah mitos tersebut dapat dipercaya?
Berikut beberapa mitos dan fakta tentang diabetes. 
1. Mitos : diabetes hanya diderita oleh orang berusia diatas 50 tahun.
Faktanya, Diabetes dapat diderita oleh semua orang di sehala usia karena faktor resiko diabetes adalah karena riwayat keturunan dan gaya hidup. Bagi orang berusia dibawah 50 tahun yang memiliki gaya hidup tidak sehat maka memiliki faktor resiko yang tinggi untuk menderita diabetes.
2. Mitos : nasi yang dimasak kemarin memiliki kadar gula lebih rendah.
Faktanya, nasi kemarin dan nasi yang baru dimasak memiliki kandungan glukosa yang sama. Mengkonsumsi nasi dengan porsi yang tepat dan gizi yang seimbang dapat menjaga kadar gula darah tetap normal.
3. Mitos : bagi orang dengan diabetes berjalan tanpa menggunakan alas kaki baik untuk kesehatan terutama saat berjalan di atas permukaan kasar.
Faktanya, orang dengan diabetes lebih rentan mengalami infeksi dan proses penyembuhan luka sering kali lebih lambat dari orang yang tidak menderita diabetes. Selain itu, orang dengan diabetes memiliki system kekebalan tubuh yang rendah. Hal inilah yang menyebabkan luka sulit sembuh karena tubuhnya tidak mampu melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, menggunakan alas kaki baik di dalam dan diluar rumah adalah hal yang harus dilakukan.
4. Mitos : diabetes hanya diderita oleh orang yang kegemukan.
Faktanya, Semakin banyak jaringan lemak yang Anda miliki maka sel tubuh lebih kebal terhadap insulin. Selain itu orang yang berbadan kuruspun dapat menderita diabetes karena tubuhnya kekurangan jumlah insulin.
5. Mitos : penderita diabetes tidak boleh berolahraga agar kadar gula tidak drop.
Faktanya, Penderita diabetes dianjurkan untuk tetap rutin berolahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, senam. Disarankan pula untuk selalu memeriksa kadar gula darah sebelum dan setelah olahraga.
Tetapi perlu diingat bahwa olahraga tidak dianjurkan jika kondisi penderita sebagai berikut:
Kadar gula darah puasa > 250 mg/dL: ada bahaya dehidrasi atau denyut jantung terlalu cepat
Kadar gula darah sewaktu < 100 mg/dL: ada bahaya hipoglikemia
Sakit: ada bahaya cedera atau hipoglikemia.
6. Mitos : keturunan diabetes pasti menderita diabetes.
Faktanya, tidak semua keturunan diabetes akan menderita penyakit diabetes. Apabila keturunan diabetes dapat menjaga pola hidup sehat dan rutin berolahraga serta memantau kesehatan secara rutin ke dokter maka dapat menurunkan resiko diabetes.
7. Mitos : makan terlalu banyak gula dapat menyebabkan diabetes.
Faktanya, pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan seseorang menderita diabetes. Salah satu contoh pola hidup yang tidak sehat adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat, kalori dan lemak, namun tidak melakukan aktifitas fisik. Hal tersebut meningkatkan resiko menderita diabetes melitus.
8. Mitos : penderita diabetes tidak dapat mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis.
Faktanya, mengkonsumsi makanan dan minuman manis dalam jumlah kecil masih diperbolehkan. Tetapi harus tetap menghitung kalori dan karbohidrat yang dikonsumsi pada hari itu. Mengkonsumsi makanan manis seperti buah-buahan dan minuman manis seperti jus buah disarankan untuk penderita diabetes.
9. Mitos : diabetes dapat ditularkan.
Faktanya, Diabetes disebabkan oleh faktor keturunan atau gaya hidup penderitanya. Sehingga diabetes bukan termasuk salah satu penyakit menular. Meskipun tidak menular, diabetes dapat menyerang siapa saja, terutama bagi Anda yang memiliki gaya hidup kurang sehat.
10. Mitos : diabetes dapat disembuhkan dengan makan hewan Undur-undur.
Faktanya belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi hewan Undur-undur dapat menyembuhkan diabetes. Jadi hal ini bisa dikatakan sebagai mitos yang sesungguhnya.

Itulah 10 Mitos dan Fakta seputar Diabetes Mellitus yang hingga saat ini beredar di masyarakat kita.
Tanggal 14 November merupakan Hari Diabetes Sedunia. Dengan diperingatinya Hari Diabetes Sedunia dapat mengingatkan kita betapa pentingnya hidup sehat.

Mulailah dari diri sendiri untuk melakukan perubahan hidup menjadi lebih sehat sekarang juga. Dan ingat, Sumber informasi yang tepat dapat memberikan solusi yang tepat pula.

Axact

KAOS DISTRO

KAOS DISTRO adalah blog membahas tentang cara pembuatan Kaos Distro sampai bagaimana cara menjual Kaos Distro Online maupun offline, Silakan cari arti www.kaosdistro.web.id..Terima Kasih telah berkunjung di blog sederhana ini, Jika antum PRODUSEN KAOS DISTRO MAU KERJASAMA SILAKAN KONTAK NO TLP YANG ADA DI WWW.KAOSDISTRO.WEB.ID

Post A Comment:

0 comments: